Tanda-Tanda Rasa Malas Pada Anak Remaja

Rasa malas akan membuat anak remaja dapat menjadi masalah yang serius karena, dapat mempengaruhi perkembangan akademis dan sosial anak. Rasa malas juga dapat menjadi masalah yang serius dan harus dirubah rasa malas tersebut. Berikut tanda-tanda rasa malas yang muncul pada suatu saat :

  1. Menunda Tugas

    Anak terutama remaja akan mengalami rasa malas dan sering menunda tugas yang harus dikerjakan sampai dekat dengan hari deadline pun masih belum dikerjakan.

  2. Kurang minat pada kegiatan sekolah

    Rasa malas pada anak remaja akan berdampak pada minat untuk bergabung pada kegiatan sekolah seperti belajar, mengikuti sebuah kelas, atau berkumpul dengan teman sekelas. Bukan hanya berdampak pada sekolah, malah akan berdampak pada sosialiasi anak pada orang lain.

  3. Cenderung Menyendiri

    Anak remaja yang memilih menyendiri daripada berkumpul dengan teman-teman atau keluarga karena mungkin anak lebih menyukai menyendiri dan tidak melakukan apapun selain menyendiri. Hal ini akan berdampak status mereka di publik, dan mungkin akan mengalami hal yang tidak diinginkan karena di anggap introvet.

  4. Kesulitan dalam mengatur waktu

    Dalam poin ini, rasa malas anak remaja dalam membagi waktu mereka untuk belajar, bermain, mengerjakan, dan lain-lain. Sehingga akan memunculkan rasa malas untuk menunda tugas yang penting atau yang harus diselesaikan.


Lalu, dari tanda-tanda yang disampaikan bagaimana kita melawan rasa malas tersebut dan, tidak mungkin kita merubah semua, melainkan kita harus mengubah satu-persatu agar setiap masalah malas dapat di selesaikan total. Jika anak menunjukkan tanda-tanda yang di atas, maka segera konsultasikan dengan professional kesehatan untuk mengetahui diagnosis dan mendapatkan dukugan yang tepat. 

Orang tua pun juga bisa memperhatikan situasi lingkungan yang mungkin akan mempengaruhi rasa malas anak remaja, seperti tekanan akademis yang tinggi, permasalahan keluarga, atau masalah teman sebaya. Cara untuk mengatasinya adalah rasa akan malas pada anak remaja, orang tua harus bekerja sama dengan anak remaja dan mencoba untuk mencari tahu penyebab rasa malas terjadi. Juga beberapa cara yang dapat dilakukan adalah membantu anak remaja dalam mengatasi sebuah tekanan, memberikan dukungan emosional, dan membantu sang Anak untuk menemukan minat atau hobi yang positif.


Tujuan Artikel ini untuk memberikan sebuah informasi kepada ornag tua tentang rasa malas pada anak remaja, sehingga orang tua dapat mencegah gejala yang hendak atau terjadi pada gejala rasa malas. Sekian ini saja yang bisa saya sampaikan, sekian terima kasih.