Mengembangkan Rutinitas Membaca Yang Kamu Sukai

1. Ciptakan atau carilah lingkungan membaca yang kamu inginkan

Tempat yang tenang, terang, dan nyaman akan membuat lingkungan membaca meningkat, seperti membaca di kamar atau tempat yang kamu sukai. Jika Kamu sering mengalami gangguan saat membaca buku, akan sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi, dan tidak ada orang yang suka membaca paragraf yang sama berulang-ulang. Bagi sebagian orang menemukan lingkungan membaca yang tepat sama pentingnya dengan menemukan buku yang tepat. Berikut beberapa penjelasan tentang poin ini : 

  1. Ketika sedang membaca dapat mengalami ketidaknyamanan akibat sensitivitas cahaya dan kemudian menyebabkan sakit kepala. Hindari tulisan yang dicetak dengan kontras tinggi, kertas mengilat, dan lampu neon yang menyala.
  2. Kamu tidak selalu membaca di rumah dan Mengapa tidak mencoba membaca di kedai kopi, kafe, atau di sebuah perpustakaan.


2. Tentukan waktu untuk membaca 

Untuk menyisihkan waktu untuk membaca setiap hari dan tidak masalah jika awalnya Kamu hanya bisa meluangkan sepuluh menit saat istirahat makan siang, dua puluh menit di bus, hingga lima belas menit sebelum tidur malam karena jika dijumlahkan ternyata Anda menghabiskan waktu empat puluh lima menit hari itu untuk membaca.


3. Bawalah buku kemanapun Kamu pergi.

Kamu tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mendapatkan sedikit waktu ekstra untuk membaca buku. Duduk di ruang tunggu, berada di atas kendaraan umum, menunggu teman di restoran, dan sebagainya adalah situasi yang membuat orang cenderung mengeluarkan ponsel dan mengirim pesan singkat atau mengecek Sosial Media mereka. Dengan menyimpan buku di tas, Kamu dapat membantu mengembangkan kegemaran akan membaca. Jika memiliki e-reader, Kamu bisa membawa seluruh isi perpustakaan ke mana pun Anda pergi, dan usahakan ketika membaca di ponsel jangan membuka aplikasi yang lain selain e-reader.

4. Buatkah daftar bacaan

Usahakan untuk membuat daftar bacaan tentang buku yang pernah Anda dengar dan ingin Anda baca di buku saku atau di memo pada ponsel. Mengingat judul dan penulis cukup sulit dan tidak bisa untuk mengingatnya saat berada di toko buku atau perpustakaan bisa membuat Kamu kebingungan dalam memilih. Dengan memiliki daftar, Anda akan selalu mengingat buku apa yang kedengarannya menarik.