Inilah 5 Alasan Kenapa Penting Memulai Untuk Karir di Bidang IT Sejak Dini! Nomor 4 Banyak Orang yang Merasa Menyesal Baru Mengetahuinya!

Pesantren Koding - Perkembangan teknologi di era digital saat ini semakin masif dan mencakup hampir seluruh sendi kehidupan manusia.

Karena itu jugalah isu dan trend terkait dengan pekerjaan di bidang IT pun terus meningkat, apalagi saat ini pelatihan-pelatihan IT mulai sangat menjamur dalam kehidupan sehari-hari.

Kondisi ini tentunya menghadirkan peluang karir yang sangat terbuka lebar bagi mereka yang tertarik untuk menekuni bidang teknologi informasi.

Akan rugi jika peluang karir ini, disia-siakan olehmu apalagi yang saat ini masih kebingungan mau berkarir dimana nanti ke depannya.

Melalui artikel ini, kami ingin menguraikan 5 alasan utama mengapa kamu sebaiknya disarankan untuk memilih berkarir di dunia IT.

1. Peluang karir yang masih sangat lebar

Perlu diketahui bahaw peluang karir di bidang IT ini sangatlah luas, bahkan menurut Kementerian Tenaga Kerja diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2025, diperkirakan kebutuhannya akan terus meningkat hingga nanti sekitar 1.97 juta pekerja.

Adapun proyeksi pekerjaannya seperti bidang network operation access, network operation backbone, dan software engineer.

Tidak hanya itu saja bidang teknologi informasi akan kian meluas seiring perkembangan zaman. Apalagi dengan makin meningkatnya adopsi solusi digital di berbagai industri.

Profesi yang bisa digeluti di sektor IT sendiri cukup bervariasi sebetulnya, mulai dari  pengembang perangkat lunak, analis data, arsitek sistem informasi, network engineer, administrator basis data, hingga spesialis keamanan siber seperti security analyst, ethical hacker, cryptographer, dan masih banyak lagi.

Dengan mobilitas global dan bekerja jarak jauh yang makin umum saat ini, karir-karir tersebut dapat dibangun di hampir seluruh penjuru dunia.

Fleksibilitas dan kondisi kerja yang menarik menjadi nilai tambah tersendiri.

2 . Gaji yang Kompetitif 

Selain lapangan kerja yang terbuka lebar, prospek penghasilan yang ditawarkan industri TI juga cukup menggiurkan.

Rata-rata gaji profesional IT di Indonesia sendiri menurut website glassdoor per bulan Desember 2023, bisa bera di range 7 - 28 juta.

Angka ini melampaui rata-rata gaji pekerja di hampir semua bidang industri lainnya.

Apalagi, kemampuan dan pengalaman yang didapatkan para talenta IT akan semakin meningkatkan peluang meraih kenaikan gaji dan posisi yang signifikan dalam beberapa tahun mendatang.

Ini menandakan investasi waktu serta upaya untuk memperdalam pendidikan dan pelatihan TI dapat dipastikan akan terbayarkan dengan imbal hasil jangka panjang yang sangat konkret dan menjanjikan.

3. Inovasi dan Laju Perkembangan IT

Salah satu daya tarik dunia IT yang memikat adalah inovasi dan kecepatan adopsi teknologi baru yang begitu tinggi.

Selalu saja muncul tren-tren teknologi mutakhir setiap tahunnya, mulai dari block chain hingga baru-baru ini yaitu kecerdasan buatan (AI).

Kondisi ini membuka peluang sekaligus tantangan bagi para talenta IT untuk senantiasa mengasah kompetensi dan memperbarui pengetahuan guna mengikuti perkembangan zaman.

Wawasan yang komprehensif tentang teknologi informasi terkini tentu akan makin meningkatkan daya saing dan mendukung pengembangan karir dalam jangka panjang.

4. Platform Pembelajaran TI yang Semakin Massif

Tidak dapat dipungkiri bahwa mendalami bidang yang benar-benar baru memang penuh tantangan.

Namun kini telah tersedia berbagai macam platform pembelajaran IT baik daring maupun luring yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi. 

Mulai dari platform e-learning dan MOOC yang menawarkan riset pembelajaran IT secara gratis maupun berbayar, bootcamp intensif, hingga komunitas profesional dunia IT yang dapat diakses secara daring.

Forum diskusi daring juga ramai digunakan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan.

Dengan memanfaatkan beragam sumber tersebut secara maksimal, hambatan belajar di tahap awal sebenarnya sudah dapat dilalui dengan lancar.

Apalagi, mental pembelajar seumur hidup (lifelong learner) juga makin ditekankan di era digital saat ini demi menjaga kompetensi dan daya saing.  

5. Komunitas dan Mentorship yang Massif

Saat ini semakin banyak perguruan tinggi, bootcamp, dan lembaga pelatihan profesional yang membuka program studi maupun kursus spesifik di bidang IT.

Beasiswa bidang teknologi informasi juga makin gencar ditawarkan guna meringankan aspek pembiayaan kuliah atau pelatihan. 

Komunitas IT baik tingkat nasional maupun global juga terus berkembang untuk membangun jejaring antar profesional dan sarjana IT.

Kesempatan mentorship serta bimbingan karir dari para senior profesional IT juga makin terbuka dan mudah diakses baik secara langsung tatap muka maupun daring.

Kondisi yang sangat kondusif ini tentu akan menjadi dukungan yang besar manfaatnya bagi mereka yang hendak merintis dan meniti karir di dunia IT ke depannya.

Bagaimana jadi tertarik tidak untuk belajar dan berkarir dibidang IT sekarang?