Cara Untuk Bisa Membagi Waktu

Bagaimana cara efektif untuk mengatur waktu Kamu. Mulai dari cara membuat rencana harian, menentukan prioritas, mengatasi distraksi, menghindari untuk menunda-nunda, menggunakan pengingat, menentukan jumlah tugas yang dapat ditangani, dan masih banyak lagi. Artikel ini cocok bagi siapa saja yang mau belajar untuk mengelola waktu dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien. Mari kita simak


1. Membuat Daftar

Membuat daftar tugas yang ingin Kamu kerjakan dalam sehari-hari dan tetapkan waktu untuk menyelesaikan setiap tugas. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk istirahat dan kegiatan sosial. Daftar tugas bisa Kamu gunakan dalam waktu harian, mingguan, hingga bulanan atau tahunan. Dengan mengikuti daftar tugas yang sebelumnya menjadi rumit malah menjadi lebih mudah, hal ini karenakan sifat psikologi manusia ketika mendapatkan sebuah tekanan maka akan timbul rasa cemas dan malas untuk mengerjakan tugas yang begitu banyak.


Dengan daftar, Kamu bisa menyelesaikan tugas lebih cepat karena kamu hanya berfokus pada satu tugas saja. Ini juga mengapa, untuk menjadi orang multi-tasking sangatlah susah berbeda dengan orang yang fokus pada satu tugas akan lebih mudah. Kerjakan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu agar daftar tugas dapat berkurang.


2. Prioritisasikan tugas 

Mengurutkan daftar tugas Kamu dari yang paling penting hingga yang paling kurang penting dan fokus pada tugas-tugas yang paling penting terlebih dahulu. Kegunaan Prioritas tugas sama halnya dengan Membuat Daftar Tugas yang berguna untuk mengatur tugas Kamu, tetapi Priotas tugas lebih mengurutkan tugas. Opsi ini dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan mulai dari di rumah, sekolah, kantor, dan tempat lainnya. Kamu bisa membuat daftar tugas dan tambahkan prioritas tugas agar dapat diselesaikan dengan lebih cepat dari biasanya.


3. Membatasi distraksi yang ada

Mematikan pemberitahuan di telepon dan komputer Anda saat Anda bekerja agar tidak terganggu oleh notifikasi yang tidak perlu. Distraksi dapat terjadi ketika suatu hal yang dapat mengganggu fokus kita dalam mengerjakan tugas, pekerjaan, atau kegiatan yang sangat penting sehingga fokus yang kita miliki hancur. Maka dari itu, coba mencari ruangan yang sepi dan minim suara dari luar agar Kamu bisa membuat dirimu bisa fokus untuk mengerjakan suatu tugas atau kegiatan.


4. Jangan menunda-nunda suatu pekerjaan

Jangan menunda tugas-tugas yang harus segera diselesaikan. Kerjakan tugas tersebut secepat mungkin agar Anda dapat fokus pada tugas lainnya. Sering kali Kita menunda-nunda suatu hal yang sepele seperti “menjaga pola makan”. Makan sangatlah penting untuk memulihkan energi kita, tetapi kebanyakan orang tidak menjaga pola makan nya yaitu 2 kali sehari atau 1 kali sehari. Masalah yang ditimbulkan saat menunda makan yaitu penyakit nyeri mag yang dimana lambung akan


5. Jangan terlalu banyak mengambil tugas

Jangan terlalu banyak mengambil tugas dalam satu waktu karena ini akan membuat Anda stress dan tidak dapat menyelesaikan tugas dengan efisien. Sehingga, yang perlu kamu lakukan ialah mengambil tugas yang mudah terlebih dahulu dan mengerjakan tugasnya satu demi satu.


Berikut tips yang bisa Saya sampaikan kepada Kamu : 

  1. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan mengingat bahwa kita semua memiliki batas waktu, jangan terlalu keras pada diri sendiri jika Kamu tidak dapat menyelesaikan semua tugas dalam waktu yang sudah ditentukan.
  2. Istirahat yang cukup dan memastikan untuk istirahat cukup agar, setiap hari Kamu dapat bekerja dengan lebih efisien dan fokus.
  3. Dalam Pembagian waktu merupakan salah satu cara efektif untuk mengelola waktu. Membagi waktu yang Kamu miliki menjadi beberapa bagian seperti waktu untuk bekerja, waktu untuk keluarga, waktu untuk olahraga, dll. Ini juga dapat membantu Kamu dalam memastikan bahwa setiap bagian dari hidup Kamu untuk mendapatkan perhatian yang cukup.


Mengatur waktu sebuah keterampilan yang bisa dikembangkan dan diperbaiki sepanjang waktu. Namun, dengan melakukan beberapa hal di atas, dengan membuat perubahan yang signifikan dalam cara Kamu mengelola waktu dan mencapai tujuan Anda dengan lebih baik. Semoga berhasil dalam membagi waktunya