Cara Tidur Dengan Nyenyak

1. Buatlah jadwal tidur dan bangun tidur

Mengubah pola tidur dengan menerapkan jadwal tidur secara konsisten termasuk di akhir pekan. Pertama, tentukan jam berapa Kamu harus bangun pagi untuk bersiap-siap ke kantor atau ke sekolah lalu hitung mundur untuk memastikan kebutuhan tidur malam tercukupi. Dengan demikian, Anda bisa menentukan jam berapa paling lambat Anda harus pergi tidur dan bangun pagi. Ada 3 contoh yang bisa Kamu gunakan :

  • Contohnya, Kamu harus bangun pagi pukul 05.00 pagi agar sudah berada di kantor pukul 08.30. Untuk mencukupi kebutuhan tidur malam 7-9 jam, Anda harus pergi tidur antara pukul 09.00-10.00 malam.
  • Jika perlu untuk membiasakan diri untuk tertidur lebih awal, sisihkan waktu sebelum jadwal tidur dengan renggang waktu 15-30 menit agar menyesuaikan diri, sehingga Kamu terbiasa tidur malam 15-30 menit lebih awal.
  • Juga cara ini membantu otak merekam jadwal tidur malam yang baru supaya Kamu tidak terus terjaga.


2. Cukupi kebutuhan tidur di akhir pekan.

Cara ini diterapkan juga jadwal tidur di akhir pekan seperti yang Kamu lakukan di hari kerja. Seiring waktu, kebiasaan ini membuat Anda selalu merasa bugar karena kebutuhan tidur malam tercukupi. Berikut contoh jadwal tidur yang benar: 

  • Awalnya, Kamu hanya perlu menjadwalkan aktivitas pagi di akhir pekan sebagai sumber motivasi untuk bangun lebih pagi, misalnya mengajak teman atau saudara untuk berolahraga di pagi hari.
  • Juga jangan merencanakan suatu kegiatan sampai larut malam di hari Jumat ataupun Sabtu selama Kamu menyesuaikan diri dengan jadwal tidur yang Kamu buat. Jika sudah terbiasa, Kamu boleh tidur lebih malam 1-2 jam tanpa menggangu jadwal tidur.
  • Kebiasaan yang Kamu lakukan selama ini, suatu saat akan dibutuhkan beberapa minggu sampa Kamu terbiasa dengan jadwal tidur yang baru.

3. Biasakan tidur siang sesingkat mungkin

Tidur siang akan bisa menganggu jadwal tidur yang sudah dibuat, karena akan membuat Kamu tidak mengantuk di malam hari. Jadi, pastikan Kamu tetap terjaga sepanjang hari. Kalau Kamu perlu beristirahat siang, tidurlah yang nyenyak 15-30 menit. Jika tidak, Kamu akan merasa letih saat terbangun sehingga jadwal tidur akan terganggu. Berikut cara tidur siang yang tepat : 

  • Jika diperlukan untuk tidur siang, maka jangan lebih dari sekali sehari.
  • Waktu yang paling tepat untuk tidur siang adalah 2 jam setelah makan siang. Jika Anda makan siang pukul 12.00, jadwalkan tidur siang pukul 14.00-15.00. Tidur malam akan terganggu kalau jadwal tidur siang diabaikan.

4. Lakukan aktivitas fisik setelah makan malam

Merasa sedikit lesu setelah makan malam adalah hal yang wajar. Kamu akan lebih memilih bersantai di sofa sambil menonton televisi, tetapi akan lebih baik jika Kamu tetap bergerak agar tubuh tetap berenergi. Jika langsung beristirahat setelah makan malam, energi akan meningkat di malam hari dan ketika tiba saatnya untuk tidur, kamu masih memiliki banyak energi. Berikut langkah yang kamu harus ikuti : 

  • Setelah makan malam, sempatkan berjalan santai sejenak bersama teman atau hewan peliharaan.
  • Waktu yang tepat untuk berjalan adalah setelah matahari terbenam. Aktivitas ini bermanfaat dapat mengurangi stress dan membentuk ritme sirkadian. Ritme Sirkadian berfungsi mengatur kapan waktunya kamu bangun dan tidur.



Mungkin itu cara yang kita lakukan untuk membiasakan dan memperbaiki jam tidur yang berantakan, menjadi lebih nyaman dan sehat. Jangan lupa di terapkan ya, see you soon!