Cara Menyukai Membaca

1. Pikirkan tujuan Anda ingin membaca 

Hal yang pertama yang Kamu pikirkan ialah “Alasan untuk ingin membaca?”. Sebagian orang suka membaca buku karena menginginkan sebuah keterampilan baru, mulai dari bahasa pemrograman komputer sampai keterampilan berpetualang. Sebagian yang lain juga menyukai cerita, entah fiksi atau biografi, yang membawa mereka ke masa, dunia, atau situasi lain. Pertama-tama, pikirkan apa yang ingin Kamu dapatkan dari kegiatan membaca.

  • Kamu mungkin akan belajar bagaimana menyukai membaca. Jika kegiatan itu mendapatkan sebuah makna, maka Kamu akan mengetahui sendiri apa makna dari membaca buku. Jika membaca buku hanya untuk tugas sekolah atau terpaksa untuk membaca buku, mungkin membaca tidak akan memberi makna dari membaca buku yang dibaca.


2. Putuskan apa yang ingin Kamu baca.

Setelah tahu apa tujuan Kamu membaca, entah untuk belajar, mencari hiburan, atau sesuatu yang sama sekali berbeda, Anda dapat mempersempit jenis buku berdasarkan jawaban tersebut. Contohnya, jika Kamu menginginkan cerita yang menghibur, akan sulit untuk mempersempit pilihan jenis buku di antara puisi, sastra, fiksi populer, sejarah, dan jenis buku lain karena semuanya dapat memberikan cerita yang menghibur. Berikut cara untuk memustkan apa yang kamu baca : 

  1. Setelah tahu apa tujuan Kamu membaca, entah untuk belajar, mencari hiburan, atau sesuatu yang sama sekali berbeda, Anda dapat mempersempit jenis buku berdasarkan jawaban tersebut. Contohnya, jika Kamu menginginkan cerita yang menghibur, akan sulit untuk mempersempit pilihan jenis buku di antara puisi, sastra, fiksi populer, sejarah, dan jenis buku lain karena semuanya dapat memberikan cerita yang menghibur.
  2. Berkonsultan dengan perpustaakwan setempat dapat memberikan rekomendasi buku untuk dibaca. Setelah mengetahui apa yang Kamu cari, mintalah masukan dari pustkawan tentang jenis buku yang cocok dengan kebutuhan Kamu.


3. Mempertimbangkan genre apa yang kamu suka

Setelah menentukan jenis buku yang Kamu minati, Kamu dapat mempersempit pilihan bacaan lebih jauh lagi dengan mempertimbangkan genre yang diinginkan. Contohnya, Jika Kamu memutuskan ingin membaca tentang fiksi populer, Anda dapat memilih antara horor, fiksi ilmiah, sejarah, fantasi, roman, misteri, atau buku yang lebih realis dengan pendekatan terhadap karakter dan latar belakang yang lebih nyata.

Contoh lain, jika Kamu memutuskan ingin membaca buku sejarah nonfiksi, pertimbangkan periode waktu dan subjek yang paling menarik minat Kamu. Buku tentang Hari-H di Normandia selama Perang Dunia II jelas akan memberikan pengalaman membaca berbeda dibanding buku tentang intrik politik para senator Romawi di masa pemerintahan Julius Caesar.


4. Bacalah beberapa buku dari genre tersebut untuk mencari penulis yang cocok dengan selera Kamu

Bahkan dalam genre yang sama, mungkin gaya penulis tertentu mungkin tidak sesuai untuk Anda karena dari caranya mengekspresikan ide. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti waktu penulisan buku, gaya bercerita, sudut pandang, atau sejumlah alasan lainnya. Jika Kamu telah menetapkan genre apa yang menarik dan Kamu Minati, tetapi Kamu tidak menyukai buku dalam genre tersebut, cobalah untuk mengetahui aoa alasannya.

Sebagai Contoh, jika Kamu memutuskan untuk membaca novel sejarah, novel lama seperti Bumi Manusia atau Para Priyayi akan lebih sulit dibaca dibanding novel karya Ayu Utami atau Laksmi Pamuntjak.


5. Buatlah koneksi antara membaca dengan minat lainnya

Kamu mungkin sangat tertarik dengan isu-isu sosial atau lainnya. Carilah buku yang berhubungan dengan isu yang diangkat dari sesuatu yang menarik dan Kamu minati atau yang membawa isu tersebut dalam konteks yang lebih luas. Dan ingatlah bahwa Kamu tidak sekadar dapat membaca buku saja, tetapi juga bisa mencari majalah cetak atau daring seperti blog, dan tempat lain untuk mencari bahan bacaan.