Cara Menjadi Cerdas

Apakah Kamu ingin menjadi orang yang lebih cerdas atau hanya ingin terlihat lebih cerdas? Motif kedua lebih mudah dicapai daripada yang pertama. Apa pun alasannya, entah untuk meningkatkan kemampuan intelektual atau sekadar memperoleh manfaat karena terkesan intelek, keinginan Kamu bisa terwujud dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kecerdasan dengan Cara yang Bermanfaat

Kebanyakan orang percaya bahwa kecerdasan memiliki sifat statis dan tidak bisa ditingkatkan dengan cara apa pun. Tetapi, pendapat itu salah dan sudah dibuktikan dengan penelitian. Orang-orang yang tingkat kecerdasannya rendah mungkin tidak bisa menjadi jenius, namun kecerdasan bisa ditingkatkan.  Tetapi, proses untuk menjadi cerdas tidak akan semudah mempelajari beberapa kosakata baru. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu dan tenaga untuk mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain dan bersikap kritis dengan bijak.

2. Lakukan aktivitas yang paling Anda minati.

Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar memberikan hasil terbaik apabila seseorang mempelajari suatu pelajaran yang paling diminati. Kecintaan pada suatu tertentu membuat Kamu termotivasi untuk memahaminya secara mendalam. Proses dalam belajar yang terfokus dan berkelanjutan seperti ini sangat bermanfaat meningkatkan kecerdasan. Maka dari itu, berusahalah menguasai beberapa pelajaran secara mendalam atau memahami banyak suatu pelajaran yang dipelajari

Apakah Seorang Albert Einstein memiliki bakat yang sama untuk mempelajari fisika, antropologi, linguistik, geologi, perilaku hewan, dan kritik sastra? Tentu tidak. Seperti kata pepatah, “Anda tidak memahami apa-apa jika mempelajari banyak hal, tetapi setengah hati”. Yang artinya jika kamu mempelajari sesuatu dengan setengah hati, maka hasilnya juga akan setengah atau bahkan tidak dapat sesuatu dari pelajaran yang dipelajari dengan setengah hati.

3. Tantang Diri Sendiri

Jika kamu akan berusaha lebih keras jika menghadapi tantangan maka, proses belajar seharusnya terasa menyenangkan, alih-alih menyiksa, tetapi semua ini mustahil dialami jika tidak ada yang perlu diperjuangkan. Jadi, tantanglah diri sendiri sendiri agar dapat menguasai hal-hal baru dengan mengeksplorasi ilmu pengetahuan yang belum kamu pahami.

4. Jagalah kesehatan

Sebagian orang tidak menyadari bahwa otak merupakan organ tubuh penting yang perlu dirawat seperti organ tubuh yang lain. Sama halnya dengan kulit yang sehat karena mandi setiap hari dan paru-paru yang sehat karena tidak merokok, otak yang terawat dengan baik mampu berfungsi lebih optimal daripada otak yang tidak terawat. Selain itu, kemampuan mengolah informasi dengan efektif akan meningkat jika Anda tidur malam yang cukup setiap hari, berolahraga rutin, serta banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Jangan takut terkesan bodoh
 Keingintahuan seseorang tidak sama dengan orang yang lain. Orang-orang cerdas selalu mengajukan pertanyaan dikarenakan mereka sadar bahwa mereka tidak mengetahui segala sesuatu. Saat mempelajari keterampilan baru, wajar jika Anda belum menguasainya dengan baik. Semakin sering melakukan hal yang belum dikuasai, Anda akan menjadi mahir. Terimalah ketidaktahuan sebagai pintu masuk untuk mengalami hal-hal baru dan mengembangkan diri.


Cukup sampai disini untuk blog kali ini. Jika kalian tidak yakin dengan cara ini, coba pelajari tentang diri kalian mulai dari cara belajar, bangun tidur, dan pola makan sehingga kalian tahu apa yang dibutuhkan dan diperbaik pada diri kalian. See yaa