Cara Menghilangkan Gangguan Agar Sentiasa Fokus

1. Cari tempat dan lingkungan kerja yang nyaman

Tidak ada tempat yang sempurna untuk berkonsentrasi, karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri dan mungkin tempat terbaik untuk Kamu berkonsentrasi adalah ruang tamu, di kamar sendiri, atau mungkin di tempat umum seperti kafe. Cari tahu kecenderungan dan tempat apa yang Kamu sukai, serta ketahui apa saja yang akan menjadi gangguan bagi Kamu. Dari situlah yang akan membuat sebuah suasana dan lingkungan kerja yang Kamu sukai, yang jauh dari gangguan atau tempat yang Kamu nyaman.


2. Jika gangguannya tidak bisa dihilangkan, hadapilah

Gangguan tidak mengenal waktu dan tempat, dan ada gangguan yang bisa dihadapi, tidak bisa dihilangkan hingga dijauhi. Meskipun kamu sudah berada di kamar yang bagus dan nyaman untuk fokus belajar, tiba-tiba di luar rumah ada pekerjaan konstruksi dengan alatnya. Apa yang harus kamu lakukan sebagai berikut :

  • Tinggalkan tempat itu. Jika Anda tidak tahan dengan gangguan itu, jangan hanya mengamuk atau mengomel, tetapi pergi dari tempat itu. Ambil barang-barang yang Anda perlukan untuk bekerja dan cari tempat lain.
  • Abaikan gangguan itu. Jika gangguan Anda adalah suara, pasang headphone dan dengarkan musik yang cocok untuk Kamu belajar, atau tingkatkan fokus sampai Kamu sendiri juga tidak menyadari gangguan tersebut.

3. Tentukan priotas yang kamu miliki

Salah satu hal mengakibatkan kehilangan konsentrasi adalah banyaknya pekerjaan yang dikerjakan. Untuk hal seperti ini, lihat dan tentukan prioritasnya. Yang mana yang lebih penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu? Dengan begitu, Kamu bisa mengerjakannya satu persatu tanpa merasa terganggu dengan tugas atau hal lainnya. Berikut cara membuat sebuah prioritas:

  • Membuat daftar tugas yang harus dilakukan dan patuhi daftar itu. Kerjakan tugas yang ada di daftar tersebut satu per satu, dan jangan berhenti atau pindah ke tugas lain sampai Kamu menyelesaikannya
  • Jika kamu bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus, maka lakukanlah. Misalnya, selagi dalam perjalanan di taksi atau bus, cek dan balaslah email Anda. Dengan begitu, keduanya bisa selesai secara efisien.