Cara Mendapatkan Sebuah Ide dan Inspirasi Dengan efektif

Apa itu Ide? Ide menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan sebagai rancangan yang tersusun di dalam pikiran atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran. Banyak orang yang suka nge-stuck di tengah-tengah perjalanan karena sudah kehabisan ide. Lalu bagaimana cara mendapatkan sebuah ide maupun inspirasi dengan efektif? Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan sebuah ide dan inspirasi dengan efektif:


1. Santai
Inspirasi itu datang ketika tubuh dan pikiran sedang santai. Jika Ide masih belum kunjung datang janganlah memaksakan diri. Jika memaksakan diri, kalian akan menjadi stress. Ketika kalian sedang dalam kondisi stress, ide maupun inspirasi kalian akan hilang. Lakukan dengan santai dan mencoba lebih menenangkan diri. Pergilah ke tempat yang hening. Tempat hening bisa membantu Anda berfikir.


2. Sering Belajar dan banyak Mencari Referensi
Semua orang tentunya tidak akan pernah berhenti belajar akan banyak hal. Seorang desainer dan blogger populer selalu mengamati banyak referensi, dan belajar dari orang-orang. Begitu juga dengan kalian, banyak belajar dan memiliki banyak referensi akan menunjang daya kreatifitas kalian.


3. Imajinasi
Imajinasi menurut Wikipedia adalah daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang secara umum. Imajinasi dalam pikiran yang santai dan rilex mampu memicu daya kreatifitas kalian. Imajinasi memungkinkan kalian menemukan jembatan di antara dua hal yang berbeda. Yang jelas semuanya berawal dari imajinasi seseorang terhadap pengamatan yang ada disekitarnya.


4. Metode ATM
Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) adalah suatu cara atau metode yang sudah populer dalam dunia kreatif dan bisnis. Bahkan cara ini juga dapat dipakai hal lain. Contoh, Jika kalian adalah seorang pengusaha yang ingin selalu dikenal banyak orang. Maka, metode ATM ini bagus untuk membuat strategi kalian tetap kreatif.


5. Bersosialisasi dengan banyak orang
Ide sering muncul ketika kita sedang bersosialisasi dengan banyak orang. Kita coba ambil contoh dari Mark Zuckerberg, ketika temannya Mark Zuckerberg menanyakan tentang status seorang teman wanitanya, apakah dia masih single atau tidak. Mark Zuckerberg menjawab, "Tidak ada seseorang yang berjalan kemana-mana menggunakan papan yang menjelaskan statusnya. Dari situlah Mark Zuckerberg ide baru yang menjadi salah satu fitur facebook, yakni fitur status seseorang.


Itulah cara agar mendapatkan ide maupun inspirasi dengan efektif.

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua.

Terimakasih.