Cara Membuat Jadwal Agar Selalu Fokus

1. Cari tahu waktu paling produktif Anda

Kapan saat Kamu rasa sangat produktif dan bisa melakukan apa saja? Pagi hari? Malam hari? Sesaat setelah jam makan siang? Cari tahu kapan Kamu bisa sangat produktif dan mampu mengerjakan apa saja dengan konsentrasi penuh, lalu sesuaikan jadwal Kamu pada hal itu. Mengetahui waktu produktif akan sangat berpengaruh kepada kinerja yang Kamu lakukan .Dan jika memang merasa semua materi pelajaran bisa Kamu pahami dengan mudah jika membacanya saat subuh, bangunlah saat subuh.


2. Membuat rencana kegiatan harian

Setelah mengetahui waktu produktif kamu, maka buatlah sebuah rencana harian atua yang bisa kita sebut “Todo List”. Membuat daftar aktivitas atau kegiatan harian akan membantu kamu untuk fokus dan terhindar dari stress. Sebelum tidur atau ketika bangun, catatlah terlebih dahulu hal apa saja yang ingin dikerjakan atau yang ingin diselesaikan dan perkirakan waktu yang Kamu perlukan untuk menyelsaikannya. Luangkan waktu yang di sela-sela tiap aktivitas untuk berjaga siapa tahu Kamu membutuhkan waktu yang lebih untuk mengerjakan satu kegiatan.


3. Variasikan jadwal kegiatan rutin

Hal yang monoton bisa menjadi sumber dan alasan munculnya gangguan. Dengan melakukan hal yang sama tiap hari tanpa adanya variasi, dan Kamu akan merasa bosan. Coba ubah sedikit jadwal harian Kamu dengan melakukan kegiatan yang berbeda sebagai variasi, dan Kamu tidak akan bosan sehingga masih bisa berkonsentrasi untuk melakukan semua aktivitas tiap harinya.


4. Istirahat sesuai waktunya

Istirahat merupakan hal yang penting. Tetapi terkadang niat untuk beristirahat bisa muncul di saat tidak menentu. Jika Kamu punya jadwal untuk istirahat, maka patuhilah.

Jika memiliki jadwal yang sangat padat dan tidak punya waktu untuk istirahat, maka luangkan waktu 5 sampai 10 menti di sela-sela tiap aktivitas Kamu untuk beristirahat sejenak seperti dengan berdiri, sedikit berjalan-jalan, mencari hiburan di media sosial sejenak, atau apapun yang bisa dilakukan dalam waktu singkat untuk menghilangkan stress. Setelah itu, kembalilah pada kegiatan yang Kamu kerjakan.