Cara Melatih Konsentrasi Selalu Aktif

1. Catatlah apa yang kamu kerjakan

Salah satu cara konsentrasi aktif yang paling bagus adalah menulis apa yang lakukan atau kerjakan. Berbeda dengan mengetik, menulis dengan tangan membuat Kamu memahami keseluruhan apa yang kamu kerjakan dan meresapi apa yang Kamu lakukan atau pelajari karena membuat tangan ikut mengingat apa yang Kamu kerjakan.

Jika kesulitan dalam memahami dan mengikuti jalannya rapat, catatlah semua hal yang disampaikan pada rapat tersebut. Sehingga, kamu paham lalu ikut terlibat dalam rapat tersebut, dan tentunya tidak kehilangan konsentrasi.


2. Mencoret-coret

Banyak orang yang menganggap ini adalah bentuk dari mengacuhkan orang lain. Tetapi ternyata, pemikir aktif mencoret-coret di kertas untuk membantu dirinya tetap fokus dan tidak bosan. Seorang pembawa berita melakukan mencoret-coret di kertas atau pun di tablet agar mereka tidak bingung pada pertanyaan yang ditanyakan pada pertanyaan selanjutnya.


3. Suarakan apa yang Anda kerjakan

Mirip dengan mencoret-coret dan mencatat, orang lain mungkin berpikir Anda aneh karena menyebut semua hal yang Anda ketikkan atau bicara sendiri. Namun, dengan cara ini juga terbukti untuk membantu memahami apa yang Anda baca atau kerjakan. Seperti menulis, melalui proses ini, Anda bisa mengingat lebih karena mulut Anda pernah membaca atau menyebutkannya.

Jika Kamu malu, coba lakukan cara ini di dalam ruangan yang tenang atau tidak ada orang, atau tunggu sampai semua orang pergi, atau ya acuhkan saja dan bersuaralah. Lagipula semua orang pasti pernah bicara sendiri. Jadi jangan takut untuk mencoba hal yang baru.


4. Fokus pada apa yang harus Anda lakukan

Terlalu memikirkan hal lain yang tidak ada kaitannya dengan tujuan tujuan kegiatan Kamu, dapat mematahkan fokus yang kamu miliki. Sama halnya ketika mengemudi maka fokuslah pada jalan, bukan pada mobil lain dan ketika sedang bermain bola sebagai penyerang, fokuslah pada cara mencari ruang kosong untuk menembak. Cari tahu apa yang harus Kamu fokuskan untuk menyelesaikan kegiatan Anda, dan fokuslah ke tujuan yang kamu buat

Setiap kali Kamu kehilangan fokus, selalu ingatkan diri mu untuk kembali fokus dengan cara mengingat ketika Kamu melakukan suatu kegiatan ini dengan fokus dan benar.