Belajar Mengenai Computational Thinking

Pilar Computional Thinking 


I. Dekomposisi (Decomposition)

Dekomposisi adalah suatu masalah yang dapat dipecah agar mudah untuk memahami apa masalahnya. Contohnya cara membuat Design yang dapat dipecahkan seperti :

  1. Bagaimana membuat wireframe,
  2. Bagaimana membuat prototype,
  3. Design App dengan tema apa?
  4. Mencari Inspirasi dimana?
  5. Ingin dilanjutkan ke Coding apa tidak?


II. Abstraksi (Abstraction)

Abstraksi Adalah mengambil poin dari masalah tersebut, lalu dijadikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Sebagai contoh "Kamu mau makan, tetapi lauk nya habis. Jadi kamu harus masak untuk mendapatkan makanan" dan kesimpulannya ambil yang simple aja untuk memecahkan masalah, ga perlu ribet kayak cewek hehehe👍🏻.

III. Pengenalan Pola (Pattern Recognition)

Pengenalan pola adalah membuat suatu poin-poin dari masalah, sehingga kamu tahu apa yang harus dilakukan agar tidak terlibat dalam masalah itu tersebut. Contohnya, Apa sih yang membuat kamu tidak bisa bangun pagi? Berikur poin masalahnya :

  1. Jadwal Tidur yang buruk
  2. Sering Kecapean atau terlalu lelah
  3. Sering minum kopi, sehingga tidak bisa tidur lebih awal
  4. Terlalu berisik di rumah, karena tetangga sering gaduh saat malam

Setelah membuat poin masalah, kamu dapat memecahkan poin masalahnya satu persatu seperti "Jadwal tidur yang buruk, bisa diselesaikan dengan tidur cepat di jam 8 atau jam 9" Begitu lah teman-teman.


IV. Algoritma (Algorithm)

Terakhir Alogritma, pasti kalian langsung memikirkan matematika ya? tenang saja disini tidak ada matematika cuma ada logika. Algoritma adalah suatu tindakan untuk mendapatkan cara atau solusi melalui defisini yang jelas dengan langkah-langkah sistematis.

Contohnya "Jika kamu lapar maka yang harus di lakukan adalah makan, jika tidak lapar maka tidak usah makan". Ini hampir sama seperti If else yang sering kalian pelajari di bahasa pemograman bukan, kurang lebih seperti itu.

Saya rasa itu sudah cukup, silahkan reaction emoticon nya dan jika kalian masih bingung silahkan tulis di kolom komentar, sehingga langsung bisa dijawab. See you👋🏻