Bagaimana Mengisi Jadwal Belajar

1. Pilihlah antara jadwal tunggal atau jadwal khusus

Sebelum kita masuk ke pembahasan, kita harus mengenal apa itu jadwal tunggal dan jadwal khusus sebagai berikut :

  • Jadwal Tunggal adalah jadwal yang biasanya yang digunakan jadwal mata pelajaran di suatu kelas.
  • Jadwal Khusus merupakan jadwal yang dikhususkan pada satu minggu dan akan berubah-ubah dikarenakan pada suatu acara khusu pada minggu tersebut.’

Nah jika ingin membuat jadwal tergantung dengan sesuai kebutuhan yang Kamu inginkan. Untuk jadwal khusus mingguan, mulailah secara terbalik. Mulailah dengan memasukkan pada tugas besar atau ujian terlebih dahulu, kemudian sertakan kegiatan lain secara mundur. Jadwal belajar perlu diubah berdasarkan tugas besar apa yang akan harus diselesaikan pada minggu tersebut.


2. Satukan jam belajar

Usahakan untuk menyatukan jam belajar yang cukup lama misalnya 2-4 jam dalam sekali waktu. Cara tersebut dapat membantu Kamu untuk fokus belajar serta menggunakan waktu untuk lebih produktif.

Hanya karena tidak ada waktu panjang yang tersedia, bukan berarti jam belajar tidak dijadwalkan. Jika menjadwalkan jam belajar 45 menit di satu waktu dan satu jam lain di lain waktu terasa menguntungkan, jadi lakukan saja selagi menguntungkan diri mu.


3. Jadwalkan waktu istirahat.

Istirahat sangat penting untuk kesehatan tubuh dan membangun mental yang sehat. Kamu bukanlah robot, jadi jika merasa lelah maka itu adalah hal yang wajar dan ambil lah waktu luang untuk merehat kan pikiran dan tubuh, agar nantinya kamu bisa belajar dengan fokus dan produktif.

Banyak ahli menganjurkan bekerja selama 45 menit setiap jam dan beristirahat selama 15 menit, dan mungkin setiap orang berbeda-beda. Jadi, bereksperimenlah untuk menemukan jadwal yang terbaik untuk Kamu gunakan.