Bagaimana Membuat Jadwal Belajar

1. Tulis semua kewajiban Kamu

Sebelum membuat jadwal belajar, pikirkan dan tulis apa saja kewajiban Kamu agar dapat dipertimbangkan dengan baik saat mengisi jadwal. Dengan memikirkan semua kewajiaban terlebih dahulu, pembuatan jadwal yang sebenarnya akan dapat dilakukan dengan lebih lancar. Berikut beberapa tips untuk membuat pertimbangan :

  • Pertimbangkan jam sekolah, bermain, mengerjakan tugas, olahraga, dan sebagainya yang biasanya Kamu lakukan.
  • Tidak memungkinkan untuk mengingat semua kewajiban dalam sekali waktu, dan kewajiban baru selalu dapat ditambahkan nanti.

2. Kumpulkan semua informasi tugas dan mata pelajaran.

Untuk melakukan cara ini, Kamu mungkin harus mengumpulkan semua informasi dan lembar instruksi tugas, serta memeriksa informasi secara daring (online) jika ada pengumuman tentang matan pelajaran/tugas yang diberitahukan di grup WhatsApp kelas masing-masing. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah untuk mengerjakan tugas dan hadir di kelas tepat waktu.


3. Pertimbangkan hari yang paling optimal untuk belajar.

Mengambil waktu untuk mempertimbangkan kapan Kamu dapat belajar seoptimal mungkin. Apakah Kamu lebih mudah belajar di pagi hari atau di malam hari? Mempertimbangkan hal ini sekarang akan membantu Kamu menjadwalkan waktu belajar pada jam yang paling mudah menyerap materi pelajaran.

Saat melakukan cara ini, usahakan tidak mempertimbangkan kewajiban lain dan tulis saja jam belajar terbaik Kamu dan seakan-akan tidak ada kegiatan lain yang harus dilakukan.


4. Mempertimbangkan kapan untuk istirahat.

Untuk hal ini sangatlah penting, kapan kita harus belajar dan kapan kita harus berisitrahat seperti makan siang atau tidur sejenak untuk mengembalikan fokus kita. Apakah Kamu lebih nyaman Tidur sejenak setelah mengerjakan tugas atau belajar? atau apakah Kamu ingin makan setelah belajar