Saingi ChatGPT, Apa Itu Google Bard?

Pada tanggal 21 Maret 2023 Google telah merilis Bard. Apa itu Google Bard? Menilik pada definisi Bard dihalaman Wikipedia, Google Bard adalah chatbot pada AI yang dibuat dan dikembangkan oleh Google dengan menggunakan LaMDA.

LaMDA (Language Model for Dialogue Applications) adalah model bahasa yang dikembangkan oleh Google. Dirancang untuk melakukan percakapan manusia yang lebih alami dan kompleks. Model ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang disebut dengan machine learning dan deep learning.

Jadi bisa sedikit Kita simpulkan bersama Google Bard ini menyerupai seperti ChatGPT milik OpenAI yang didirikan oleh Elon Musk.

Lalu apa tujuan sebenarnya Google Bard ini diciptakan? Tidak lain adalah untuk memberikan perlawan terhadap ChatGPT, dimana Search Engine tradisional milik Google telah kalah dari sisi teknologi. Dengan lahirnya Bard (meskipun Indonesia belum bisa mencicipinya, bisa lihat gambar dibawah ini) maka akan menjaga keseimbangan bisnis Google secara menyeluruh dari sisi teknologi ke semua produk besutan Google.

Dari gambar diatas terlihat jelas bahwa Negara Indonesia belum mendukung untuk pengguna untuk menggunakan Google Bard. Keputusan Google telah merilis Google Bard ini menunjukkan bahwa mereka juga ingin berlomba dalam membuat chatbot berbasis AI.

Lalu bagaimana cara menggunakan Google Bard. Setelah Kamu login dengan Google Account cara penggunaannya hampir serupa seperti ChatGPT, harus memasukkan perintah pesan yang ingin dikerjakan.

Berikut ini adalah contoh penggunaan Google Bard dalam hal Coding :


Dari hasil Kami riset, Google Bard terlihat lebih responsif dan lebih cepat dalam hal penyajian hasil, berikut ini adalah komparasi antara Google Bard vs ChatGPT :

ChatGPT gratis untuk semua pengguna. ChatGPT Plus dibanderol seharga $20/bulan untuk mendapatkan akses, waktu respons yang lebih cepat, akses prioritas ke fitur-fitur baru, dan penggunaan GPT-4, sedangkan Google Bard gratis digunakan tetapi hanya untuk negara tertentu.

Jika Kita membaca artikel ini https://zapier.com/blog/chatgpt-vs-bard/ Kita akan mengambil kesimpulan akhir :

ChatGPT vs Google Bard memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dari kedua AI tersebut, sehingga jangan fanatik ya guys. ChatGPT katanya lebih baik dalam menghasilkan dan meringkas teks sedangkan Google Bard lebih baik dalam menghasilkan sajian informasi yang relevan dengan pertanyaan serta lebih cepat memprosesnya.